Skripsi merupakan salah satu bentuk penelitian yang disusun mahasiswa berdasarkan penelitian yang dilakukan, baik penelitian lapangan (field research) maupun penelitian kepustakaan (library research). Dengan kata lain, penulisan skripsi memiliki “sasaran mulia” dan sekaligus merupakan “tugas mulia”. Konsekuensinya, matakuliah skripsi harus diselenggarakan dengan sebaik-baiknya dan diselesaikan secara sungguh-sungguh oleh mahasiswa dalam bimbingan profesional dosen pembimbing skripsi. Dengan demikian diharapkan dapat dilahirkan sarjana yang profesional dalam bidang keahlian tertentu dan sekaligus berkualitas reseacher (Bafadol, 2004).
Menurut pengamatan, hasil-hasil penelitian yang berkaitan dengan pencapaian gelar akademik tertentu berupa skripsi, tesis dan disertasi maupun hasil-hasil penelitian lepas yang didanai oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi maupun sponsor lain selama ini belum tersimpan rapi dalam database. Hal ini terjadi pada hampir perguruan tinggi, sehingga sulit ditelusuri apakah suatu topik telah diteliti di suatu lembaga pendidikan atau belum. Sebagai akibatnya, mudah sekali bagi seseorang untuk melakukan plagiat dan sulit dicapai kemajuan dalam bidang penelitian karena hasil-hasilnya tidak dapat dimanfaatkan secara maksimal (Murtadho, 2001).
Hasil-hasil penelitian yang berkaitan dengan pencapaian gelar akademik tertentu berupa skripsi, tesis dan disertasi maupun hasil-hasil penelitian lepas yang didanai oleh Direktorat Jendral perguruan tinggi maupun sponsor lain selama ini belum tersimpan rapi dalam data base. Hal ini terjadi pada hampir semua perguruan tinggi, sehingga sulit ditelusuri apakah suatu topik telah diteliti di suatu lembaga pendidikan tertentu atau belum?. Sebagai akibatnya, mudah sekali bagi seseorang untuk membuat plagiat bagi karya orang lain sebagaimana terjadi beberapa waktu yang lalu. Di samping itu, kemajuan dalam bidang penelitian sulit dicapai karena hasil-hasil penelitian tidak dimanfaatkan secara maksimal.
Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang juga mengalami masalah serupa. Oleh sebab itu perlu diadakan penelitian khusus tentang pemetaan hasil-hasil penelitian untuk semua hasil penelitian yang telah dihasilkan oleh dosen dan mahasiswa.
Pentingnya
Peranan kepustakaan yang berkaitan dalam penelitian, menurut Ary, Lucy dan Ashgra (Furchan 1982: 96-98), adalah bahwa (1) pengetahuan tentang penelitian-penelitian yang berkatian memungkinkan peneliti menetapkan batas-batas bidang mereka, (2) pemahaman teori dalam suatu bidang memungkinkan peneliti menempatkan masalah dalam perspektif, (3) melalui penelaahan kepustakaan yang berkaitan, para peneliti dapat mengetahui prosedur dan instrumen mana yang telah terbukti berguna dan mana yang tampaknya kurang memberikan harapan, (4) pengkajian yang cermat atas kepustakaan yang berkaitan dapat menghindarkan terjadinya pengulangan studi sebelumnya secara tak sengaja, dan (5) pengkajian kepustakaan yang berkaitan menempatkan peneliti pada posisi yang lebih baik untuk menafsirkan arti pentingnya hasil penelitiannya sendiri.
Semakin bertambahnya pengetahuan tentang teori dan penelitian-penelitian dalam suatu bidang akan memudahkan peneliti menempatkan hasil penelitiannya ke dalam kumpulan pengetahuan yang sudah ada di lapanga. Untuk itu, seseorang perlu mengetahui bagaimana cara mencari hasil penelitian terdahulu di bidangnya. Dengan kata lain, ia perlu mengetahui sumber dari karya-karya sebelumnya, lembaga-lembaga mana yang mengumpulkan keterangan-keterangan seperti itu dan yang menyusunnya menjadi basis data, dalam bentuk apakah basis itu tersedia, dan cara-cara efisien untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.
Sumber utama kepustakaan yang berkaitan itu ialah: system penyimpanan dan pencarian kembali informasi, basis data yang disimpan secara komputer seperti Educational Resource Information Centre/ERIC (Sistem Pusat informasi Sumber-sumber pendidikan), indeks penerbitan berkala, penerbitan berkala lainnya, buku, dan disertasi (Ary, Lucy dan Asghar dalam Furchan 1982: 96-98).
Basis data yang berisi hasil-hasil penelitian, sebagai sumber utama kepustakaan, untuk jurusan dan program studi di Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang sampai saat ini belum tersedia. Oleh karena itu, penelitian ini sangat diperlukan untuk memacu perkembangan dunia akademik.
Untuk jangka panjang, hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai embrio Pusat Informasi Hasil-hasil Penelitian yang dapat dimanfaatkan baik perorangan maupun lembaga, mahasiswa, dosen, pejabat maupun masyarakat luas melalui Database dan layanan penelitian online. Dengan demikian, diharapkan tidak akan terjadi plagiat atau paling tidak dapat memperkecil peluang terjadinya plagiat dan perkembangan pengetahuan khususnya tentang bahasa, Seni dan Desain dan sejarah akan dapat terealisasi.
Profil Nurul Murtadho, Dr. M.Pd
Labels: Infoskripsi