Implementasi Modul Model Siklus Belajar Untuk Meningkatkan Kreativitas dan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas Vii Smp Laboratorium UM
Model siklus belajar menyarankan agar proses pembelajaran melibatkan siswa dalam kegiatan belajar yang aktif melakukan asimilasi, akomodasi, dan organisasi ke dalam struktur kognitif. Berdasarkan observasi selama proses belajar mengajar berlangsung, tampak siswa belum siap menerima materi baru. Hal ini ditandai siswa cenderung diam dan tidak menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan guru. Ketika siswa mengemukakan gagasan, belum menunjukkan kelancaran menanggapi masalah dan materi. Keluwesan dan keaslian siswa membuat tanggapan belum tampak dan siswa belum dapat mengidentifikasi konsep yang diperoleh maupun mengintegrasikan dengan konsep terdahulu. Wawancara dengan guru mata pelajaran Fisika diketahui bahwa rerata hasil ujian siswa pada materi sebelumnya masih rendah yaitu 41. Dalam upaya meningkatkan kreativitas siswa mengemukakan gagasan dan prestasi belajar Fisika, perlu strategi pembelajaran yang mengimplementasikan modul model siklus belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kreativitas dan prestasi belajar fisika siswa kelas VII-B SMP Laboratorium UM pada pembelajaran yang mengimplementasikan modul model siklus belajar.
Jenis penelitian merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari: (1) Perencanaan tindakan, (2) Pelaksanaan tindakan dan observasi, dan (3) Refleksi. Keberhasilan dan kegagalan pada siklus I diidentifikasi, berdasar kekurangan tersebut peneliti melakukan perbaikan-perbaikan pembelajaran siklus II. Instrumen penelitian berupa perangkat pembelajaran, tes, dan pedoman observasi tahapan pembelajaran. Teknik analisis yang digunakan untuk mengetahui tingkat keterlaksanaan, ketercapaian tahapan pembelajaran dan kreativitas siswa menggunakan prosentase, sedangkan perkembangan prestasi belajar fisika siswa dengan analisis gain score ternormalisasi.
Guru telah melaksanakan pembelajaran yang mengimplementasikan modul model siklus belajar berdasarkan RPP. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa implementasi modul model siklus belajar memiliki keterlaksanaan 100% dan ketercapaian 95,97%. Kreativitas siswa mengemukakan gagasan semakin meningkat. Peningkatan kreativitas siswa ini dapat dilihat dari kelancaran, keluwesan, keaslian dan keterperincian siswa mengemukakan gagasan dalam pemecahan masalah. Prestasi belajar siswa juga meningkat, yaitu ditinjau dari ulangan harian
Rahma Fibriyanti
Kata Kunci: implementasi modul, kreativitas, prestasi belajar.
Another Research Abstracts
- Technological Application of Bioluminescent
- Implementasi Modul Model Siklus Belajar
- Code Switching In Indonesian Pop Songs
- Penyesuaian Diri Ibu yang Memiliki Anak Autis
- Pengaruh Implementasi Program Pendidikan Sistem Ganda (PSG)
- Perubahan Penataan dan Penggunaan Ruang pada Rumah Tradisional Masyarakat Desa
- The Aim of Technology Instructional
- Politeness Strategies
- The Use of English in the Mathematicss Teaching
- Studi Kualitas Perencanaan Sistem
- Application of Stable Modulation Scheme
- Cassava: is a substitutive foodstuff
- Studi Merancang Seni Kriya Tekstil dengan Media Komputer
- Pembelajaran Keterampilan Menulis
- Pengaruh Gaya Belajar Visual, Auditorial & Kinestetik
- Hubungan Persepsi Mahasiswa terhadap Profesi Pendidik
- The Effect of Emotional Intelligence
- Linguistic Information for Speech Recognition Error Detection
- The Study of Compliment Responses
- The Design and Measurement Performance Based on the Balanced Scorecard Approach
- Relation between Self-Efficacy and Academic Achievement
- Analysis of The Effects of Variables Using Intensity
Labels: Abstracts