Pembelajaran Keterampilan Menulis Bahasa Jerman

Penerapan Pendekatan Kontekstual Dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Bahasa Jerman di SMAN 8 Malang

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan detail mengenai penerapan pendekatan kontekstual dalam proses pembelajaran keterampilan menulis bahasa Jerman siswa kelas X.I pada semester gasal tahun ajaran 2007/2008. Penelitian tersebut dilakukan untuk mengetahui sejauh mana para pendidik dapat menerapkan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran keterampilan menulis bahasa Jerman.

Para pendidik selama ini masih mengalami kesulitan untuk menerapkan pendekatan kontekstual dengan ketujuh komponen utamanya (constructivism, inquiry, questioniong, learning community, modeling, reflection, dan authentic assessment) dalam pembelajaran keterampilan menulis bahasa Jerman yang sesuai dengan konsep kurikulum 2006/KTSP. Subjek penelitian adalah siswa kelas X.I.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan kontekstual yang telah diterapkan oleh guru dalam pembelajaran keterampilan menulis bahasa Jerman dapat memotivasi siswa untuk berpartisipasi dengan aktif di kelas. Disamping itu, penerapan pendekatan kontekstual dapat mempermudah siswa untuk memahami teks tulis sederhana, terutama dengan metode inquiry, questioning, dan modeling.

Berdasarkan hasil penelitian ini, penulis menyarankan agar guru menerapkan konsep belajar pendekatan kontekstual dengan ketujuh komponen utama pembelajarannya dalam proses pembelajaran keterampilan menulis bahasa Jerman dengan lebih tepat, bervariasi, dan sesuai dengan konsep kurikulum 2006/KTSP.

Fitri Rosida

Kata kunci: pendekatan kontekstual, keterampilan menulis.

Another Research Abstracts

Labels:

Infoskripsi Bandulan, Malang and work as an Administrator at Infoskripsi Corp.
0
The item being reviewed 4 5 24