4 Tips Buat Mahasiswa yang Sedang Skripsi

4 Tips Buat Mahasiswa yang Sedang Skripsi

Dari semester awal, jangan jadi anak malas deh! Kalau udah telanjur, cepetan bertobat! Paling sial kamu harus nguasai satu metode penelitian yang berguna buat skripsi. Misalnya, Semiotika, Analisis Isi, Audience Research…. Jangan remehkan juga mata kuliah dasar semacam Teori Komunikasi, Komunikasi Massa, Pengantar Humas, bahkan Sistem Sosial Budaya Indonesia, Sistem Politik Indonesia, Sosiologi, Antropologi dan mata kuliah teoritis lainnya. Trust me, komunikasi itu ilmu banci. Ga bisa berdiri tanpa sokongan ilmu-ilmu lainnya. Jadi, menguasai ilmu tetangga sedikit-sedikit wajib hukumnya.

  • Aware sama isu-isu komunikasi dan sosial yang hot. Karena pas ngajuin proposal skripsi, kamu akan menghadapi tiga pertanyaan utama. Apa fenomena komunikasinya? Apa fenomena sosialnya? Dan apa signifikansi penelitiannya (baca: kenapa sih penting untuk neliti itu?)?
  • Bersahabatlah dengan perpustakaan. Dia akan menjadi rumah keduamu selama skripsi, terutama kalau kamu skripsi kualitatif yang referensinya kudu seabrek kalau nggak mau dituduh subjektif.
  • Kuasailah SPSS. Biar program ini sialan banget, tapi dia adalah dewa penyelamat bagi mahasiswa yang skripsi kuantitatif. Plus, kalau kamu bisa SPSS sendiri, hemat biaya kan, nggak perlu memanfaatkan jasa servis olah data dengan SPSS. Dan kalau kelar kuliah belum dapat kerja, penguasaan SPSS bisa jadi modal buat cari duit (usaha servis olah data dengan SPSS).
  • Kerjakanlah paper-paper tugas kuliah dengan sungguh-sungguh. Persetan deh kalau ada teman sekelompok yang ga niat. Justru orang-orang seperti itulah yang akan nangis darah pas skripsi. Kamu? Minimal sudah terlatih bekerja keras, begadang semalaman, dan menguasai konsep.

Another Research Tips

Labels:

Infoskripsi Bandulan, Malang and work as an Administrator at Infoskripsi Corp.
0
The item being reviewed 4 5 24