Tips Menulis Artikel di Media Cetak

Index: Tips Menulis Artikel di Media Cetak

Jenis Artikel

Menurut KBBI, artikel adalah karya tulis yang tidak terlalu panjang tetapi lengkap, biasanya dimuat di media massa cetak (koran dan majalah). Jika berpijak dari definisi tadi, maka pengertian artikel sangatlah luas. Dalam makalah ini, saya batasi dengan membuat kesimpulan, artikel adalah tulisan nonfiksi yang singkat, lengkap, dan unsur subjektifitas penulisnya cukup tinggi, dan biasanya dimuat di media massa cetak (koran dan majalah).

Jenis artikel yang sering dimuat di media massa adalah opini dan resensi. Sedangkan untuk opini memang bisa diurai lagi lebih luas, bisa opini politik, budaya, ekonomi, dan lain-lain.

Tips Menulis Artikel di Media Cetak

Memilih Tema, Membidik Permasalahan & Alternatif Solusi

Silahlan lakukan beberapa hal berikut ini dalam memulai menulis artikel, diantaranya:

  • Pilih salah satu tema.
  • Temukan permasalahan yang akan menjadi fokus tulisan.
  • Siapkan penyikapan kita terhadap permasalahan.
  • Siapkan data-data yang relevan/referensi.
  • Jagalah agar tulisan tetap fokus.

Pilih tema yang sedang menjadi perbincangan banyak orang, dan kira-kira sangat perlu untuk ditulis. Kebanyakan media sangat memperhatikan tema tulisan untuk menjadi salah satu pertimbangan pemuatan di media.

Jika sudah mendapat satu tema yang kita anggap paling bagus dan perlu untuk ditulis, temukan permasalahan pokok yang akan menjadi ruh tulisan kita. Dalam sebuah tema, biasanya ada beberapa permasalahan, jangan semua permasalahan dikemukakan, karena akan menjadi bias, tentukan satu permasalahan pokok saja, tetapi dianalisis secara tajam.

Disamping mengemukan permasalahan, kita juga sebaiknya menawarkan alternatif solusi atas permasalahan yang kita kemukakan tadi, tetapi harus bijak dan atas dasar beberapa referensi (itu lebih bagus).

Tips Menulis Artikel di Media Cetak

Mulai Menulis

Poin-poin yang perlu dicermati:

  • Perhatikan ejaan, kehematan kata, dan diksi yang memikat.
  • Buat judul yang provokatif dan sesuai permasalahan.
  • Awali tulisan dengan fokus pada permasalahan.
  • Edit ulang beberapa kali, sampai yakin tulisan kita adalah yang terbaik menurut kita.
Tips Menulis Artikel di Media Cetak

Fokus

Ingat! Jaga arah tulisan agar tetap fokus pada tema dan permasalahan, hindari melenceng ke mana-mana yang akan berakibat tulisan kita bias.

Tips Menulis Artikel di Media Cetak

Referensi

Agar tulisan kita semakin kaya dan bukan semata eksplorasi dari kita, cari data sebanyak-banyaknya yang sekiranya diperlukan, sehingga masalah dan solusi yang kita paparkan terlihat matang dan meyakinkan.

Another Research Tips

Labels:

Infoskripsi Bandulan, Malang and work as an Administrator at Infoskripsi Corp.
0
The item being reviewed 4 5 24