Tips Menghindari Nervous Saat Sidang Skripsi

Menghindari Nervous Saat Sidang Skripsi

Siapa yang tidak merasa tegang menghadapi ujian skripsi. Berikut ini beberapa tips untuk mengurangi ketegangan menjelang sidang skripsi.

  • Berdoa sebelum masuk ruang sidang
  • Tips dari Pak Djoko: Jangan menarget untuk dapat nilai A. Target ini akan membebani kamu dan membuat kamu akan lupa semua isi skripsimu mendadak saat nggak bisa menjawab satu pertanyaan saja. Soalnya, kamu bakal mikir, wah, bablas deh nilai A….
  • Tips dari Pak Nanang: Ingatlah bahwa penguji dibayar untuk membantai, tapi anda membayar untuk bertahan. Jadi, bertahanlah selama anda bisa. Tapi, kalau si penguji ga mau ngalah sampai berkali-kali, sadarilah bahwa kamu yang salah. Minta maaf dan berjanjilah akan merevisi.
  • Tips dari Pak Nanang: Cari tahu kekuatan skripsimu di mana. Misal kamu lemah di metode, tapi analisis oke, pusatkan presentasi pada analisis. Presentasinya ga usah basi, yang penting-penting aja. Ga perlu bicara panjang lebar soal teori komunikasi karena pengujinya lebih ngerti ketimbang kamu.
  • Jaga nada suara serendah mungkin. Nada tinggi akan membuat penguji semakin membara.
  • Siapkan sesajen yang oke. Sajikan hidangan yang bergizi dan menarik. Nggak perlu mahal, yang penting ga kelihatan murahan. Kalau sidang pas jam makan, kasih menu nasi komplit dengan lauk pauk. Kalau lewat jam makan, kasih menu snack, isinya panganan asin dan kue manis. Minumnya, aqua boleh, bisa juga ditambah minuman manis biar dosennya jadi tambah manis.

Another Research Tips

Labels:

Infoskripsi Bandulan, Malang and work as an Administrator at Infoskripsi Corp.
0
The item being reviewed 4 5 24