Perangkat Lunak WEBLIS

Index: Perangkat Lunak Gratis WEBLIS

WEBLIS adalah software untuk perpustakaan berbasis web yang merupakan pengembangan dari program CDS/ISIS yang lebih terintegrasi secara “full internet base”. Dengan release terakhir, Sistem ini telah dikembangkan oleh ICIE (Institute for Computer and Information Engineering), Polandia, yang merupakan hasil dari pengalamannya membangun system perpustakaan organisasi internasional seperti FAQ, IFAD dan GTZ. WEBLIS berjalan menggunakan fasilitas www-isis engine, yang juga dikembangkan oleh ICIE.

Keberhasilan tersebut merupakan juga upaya dari Sektor informasi dan komunikasi UNESCO untuk mendorong FOSS (Free and Open Source Software). Saat ini WEBLIS telah disediakan secara gratis, dan oleh UNESCO telah disebarkan sebagai Open Source Software. Versi yang tersedia adalah berbahasa Inggris, yang dilengkapi dengan manualnya dengan modul-modulnya sebagai berikut:

Sistem Katalog

Modul ini menyediakan fasilitas catalog dari: monografi buku dan tingkat seri monografi (M dan MS), tulisan dari buku (AM, AMS), tulisan dari jurnal (AS) dan jurnal (S) berbagai macam jenis dokumen seperti: slide, foto, audio, video, dsb.).

Modul catalog ini didukung oleh fasilitas entri data ISIS, sehingga memungkinkan kita dapat melakukan validasi sangat mudah dengan table, thesaurus terhubung secara online, dan sebagainya.

Perangkat Lunak Gratis WEBLIS -Sistem Katalog

OPAC (On-line Public Access Catalogue)

Modul ini menyediakan: (1) penelusuran dasar dan advance, (2) modul histori, (3) penelusuran, (4) fungsi penyimpanan hasil penelusuran, (5) fasilitas bahasa penelusuran isis, dan (5) serta penelusuran dengan thesaurus

LOAN

Modul ini secara penuh mengontrol prosedur peminjaman seperti: pengadaan / penyimpanan buku

Random Blog Articles

Labels:

Infoskripsi Bandulan, Malang and work as an Administrator at Infoskripsi Corp.
0
The item being reviewed 4 5 24