Sikap Terhadap Orang Tua

Bolehkah Mendahului Orang Tua?

Bolehkah Mendahului Orang Tua?

Bermula dari kisah Ali r.a yang hendak melakukan shalat shubuh berjamaah di masjid. Pada waktu itu beliau digoda setan yang mendo-mendo menjadi ‘jeus’ tua yang berjalan dengan terbungkuk-bungkuk di depan Sayyidina Ali. Sedemikian ceritanya.. Sayyidina Ali tidak berani untuk mendahului atau menyalip bahasa lainnya.. saya ulangi mendahului atau menyalip sehingga sampai ke masjid.

(Lain tempat pada waktu itu) Baginda Rasul SAW sedang mengimami shalat, beliau sujud terlalu lama, terlalu lama dari biasanya.

(Lain dimensi waktu itu juga) Malaikat Jibril as. menahan pundak Nabi yang hendak bangun dari sujud untuk duduk tahiyyat akhir.

Sesampainya Ali r.a di masjid, beliau langsung berjamaah ‘masbuq’ sampai sempurna shalatnya berjamaah.

Ibrah…

Dari cerita itu, dengan segitunya Allah memuliakan orang muda yang tidak ingin mendahului jalannya orangtua yang sedang berjalan di depannya.

Ada apa gerangan … ?

Persoalan ini mungkin tidak akan terangkat di info skripsi jika tidak dikarenakan kemarin Jum’at sesudah shalat Jum’at, saya pulang dari masjid dan di depan saya berjalan seorang tua renta yang berjalan dengan pelan sekali karena ketuaannya.

Pikiran saya langsung teringat dengan kisah yang saya ceritakan di atas… apakah saya harus ikut berjalan sepelan orang di depan saya… tentu lama sekali akan sampe rumah… waduh, membosankan…

Kalau mendahului orang tua itu tidak baik, bagaimana sewaktu kita berkendara di jalan raya, betapa banyak orang tua yang ada di depan kita? Betapa banyak kita sudah menyalip orangtua?

Kemarin malam, akhirnya saya diskusikan dengan teman-teman. Apa sebenarnya alasan kita tidak boleh berjalan mendahului orang. Ternyata yang menjadi dasar (illat) pelarangan menyalip orang tua adalah menjaga perasaannya. Jadi yang dilarang adalah ‘menyalip’ yang menyinggung perasaan orang tua.

Jadi sekiranya kita berjalan bareng, ya mungkin kita sendiri yang punya parameter sejauh mana kita menyinggung orang lain… sejauh itu pula kita harus berusaha menghindarinya….

Random Blog Articles

Labels:

Infoskripsi Bandulan, Malang and work as an Administrator at Infoskripsi Corp.
0
The item being reviewed 4 5 24