Model Pemilu Data Online

Model Pemilu Data Online Terstruktur Melalui Partisipasi Masyarakat

Model Pemilu Data Online Terstruktur Melalui Partisipasi Masyarakat

Tingginya angka golput ditengarai oleh faktor yang salah satunya banyaknya masyarakat yang tidak dapat menggunakan hak pilih langsung di tempat terdaftar karena berdomisili di luar kota dan tidak membawa kartu pemilih. Untuk itu, ditawarkan alternatif solusi dengan menerapkan model pemilu data online. Sistematika umum pemilu data online yaitu di tiap TPS terpasang satu perangkat pemilu data online. Pemilih cukup menyodorkan KTP ke petugas dan menulis nama di lembar presensi data pemilih, kemudian petugas memasukkan nomor KTP ke komputer.

Analisis dari model pemilu data online dapat dipandang dari kelebihan dan kekurangannya. Kelebihan pemilu data online diantaranya yaitu kemudahan dalam mencoblos secara langsung di manapun pemilih berada, hasil pemungutan suara dapat diakses secara cepat dan akurat, dan cara pelaksanaan pemungutan suara cukup mudah. Dari sisi kekurangannya, pendataan penduduk belum valid, masih ditemukan adanya penduduk yang mempunyai KTP ganda.

Demokrasi adalah hasil dan sekaligus proses dari sebuah upaya membangun hidup bersama dimana rakyat (demos) adalah sumber dan tujuan kekuasaan (kratein). Pemilu adalah sarana untuk belajar berdemokrasi, sebelum tiba saatnya bagi bangsa ini hidup di alam Indonesia Baru yang lebih adil dan demokratis. Pemilu sangat dibutuhkan untuk mengubah garis tangan bangsa ini, melalui pergantian pemimpin-pemimpin bangsa yang dapat diandalkan.

Fenomena saat ini yang merupakan salah satu perilaku memilih masyarakat adalah angka golput semakin meningkat. Golput sebuah pilihan politik seperti halnya memutuskan untuk memilih salah satu partai untuk didukung. Sebuah pilihan yang perlu dihormati sebagai bagian dari sistem demokrasi. Akan tetapi, Golput bukanlah pilihan cerdas dan cenderung mendorong masyarakat untuk skeptis dan apatis.

Random Blog Articles

Labels:

Infoskripsi Bandulan, Malang and work as an Administrator at Infoskripsi Corp.
0
The item being reviewed 4 5 24