Jenis-jenis Membaca

Index: Jenis-jenis Membaca

Berikut ini saya ingin nulis sedikit tentang beberapa jenis membaca, mungkin sekedar menulis saja agar tidak lupa membiasakan membaca pada diri sendiri khususnya. Jikalau Anda memang juga lupa, mungkin sekarang bisa diingat lagi "banyak membaca akan menjadikan kita semakin banyak tahu". Biar tidak tulalit, demikian kata orang. Paling tidak bagi rekan-rekan yang terbiasa online, membaca blog-blog yang berkualitas mungkin bisa lebih diitngkatkan, karena saya yakin banyak sekali ide-ide yang terpancar. Tinggal kita lagi bening atau enggak, kalau bening, insyaallah akan mudah menangkap isyarat.

Membaca Nyaring

Adalah suatu aktivitas/kegiatan yang merupakan alat bagi guru, murid/pembaca bersama-sama dengan orang lain/pendengar untuk menangkap serta memahami informasi, pikiran dan perasaan seseorang pengarang. Membaca nyaring juga dapat disebut “sebuah pendekatan yang dapat memuaskan serta memenuhi berbagai ragam tujuan serta mengembangkan sejumlah keterampilan serta minat” (Dewson (etal) 1963:215-216). Membaca nyaring selain penglihatan dan ingatan, juga turut aktif auditory memory (ingatan pendengaran) dan moto memory (ingatan yang bersangkut paut dengan otot-otot kita) (Moultan 1970:15)

Membaca Dalam Hati (Silent reading)

Pada membaca dalam hati, kita hanya mempengaruhi ingatan, juga turut ikut aktif auditory memory (ingatan pendengaran) dan motor memory (ingatan yang bersangkut paut dengan otot-otot kita) (Moultan 1970:150)

Membaca Ekstensif

Berarti membaca secara luas obyeknya meliputi sebanyak mungkin teks dalam waktu yang sesingkat mungkin, untuk memahami isi yang penting-penting dengan cepat dan dengan demikian membaca secara efisien dapat terlaksana (Broughton cs 1978:92)

Membaca Survei (Survey Reading)

Sebelum mulai membaca biasanya meneliti terlebih dahulu apa yang akan kita telah/mensurvei bahan yang akan dipelajari

Membaca Sekilas (Skiming)

Adalah membaca yang membuat mata kita bergerak dengan cepat melihat memperhatikan bahan tertulis untuk mencari serta mendapatkan informasi, penerangan. Tujuan Utama: 1) memperoleh suatu kesan umum dari suatu buku/artikel, tulisan singkat, 2)menemukan hal tertentu dari suatu bahan bacaan, 3)menemukan/menempatkan bahan yang diperlukan dalam perpustakaan (Albert (etal) 1961 a:30)

Membaca Dangkal (Superfisial Reading)

Pada dasarnya bertujuan untuk memperoleh pemahaman yang dangkal yang bersifat luaran, yang tidak mendalam dari sesuatu bahan bacaan dan biasanya dilakukan bila kita membaca demi kesenangan, membaca bacaan ringan yang mendatangkan kebahagiaan di waktu senggang. Misalnya: cerpen, novel ringan, dan sebagainya (Broughton (etal) 1978:92)

Membaca Intensif (Intensive Reading)

Adalah studi seksama, telah teliti dan penanganan terperinci yang dilaksanakan di dalam kelas terhadap suatu tugas yang pendek kira-kira dua sampai empat halaman setiap harinya. Kuesioner, latihan pola-pola kalimat, latihan kosakata, telaah kata-kata, dikte dan diskusi umum merupakan bagian dan teknik membaca intensif (Brooks (etal) 1978:172-173)

Membaca Telaah Isi

Membaca dengan tujuan ingin mengetahui serta menelaah isinya secara lebih mendalam/ingin membacanya dengan teliti, menelaah isi sesuatu bacaan menuntut ketelitian, pemahaman, kekritisan berpikir serta keterampilan menangkap ide-ide yang tersirat dalam bacaan.

Membaca Teliti

Membaca secara seksama dan membaca ulang paragraf-paragraf

Demikian yang saya dapat dari beberapa jenis membaca. Tidak ada salahnya menjadi renungan sejenak sebelum dipraktekkan dalam membaca artikel yang lain kan.

Random Blog Articles

Labels:

Infoskripsi Bandulan, Malang and work as an Administrator at Infoskripsi Corp.
0
The item being reviewed 4 5 24